Tentang Kayu Kalimasada







Kayu kalimasada mempunyai warna yang cenderung hitam,kayunya ringan berserat dan belang  mirip sono keling.Semua bagian kayu kalimosodo berwarna ABU-ABU kehitaman namun tak ada pada bagian  kayu berwarna putih.Fisik kayu ringan tentu terapung di air baik yang tua atau yang muda.Karimun jawa memang pulau mistik yang banyak menyimpan keanekaragaman jenis kayu langka bertuah termasuk kayu kalimasada yang biasa digabungkan dengan setigi maupun dewadaru atau kayu-kayu bertuah lainya.Pohon kalimosodo cenderung lebih cepat tumbuh atau besar mempunyai daun yang lebar dan berbuah orang pulau menyebut pentil kembang kalimosodo.Pohon ini biasa tumbuh didaerah rawa maupun di daratan namun mempunyai karakter kayu yang kering dan agak beserat nggedibel atau kasar.Pohon kalimasada mempunyai karakter mirip pohon waru. Bagian terbaik kayu kalimosodo adalah dari pinggir batangnya yang keras dan belang hitamnya rapat  bukan tengah batangnya, semakin ke tengah kayu ini akan semakin muda warnanya dan semakin lunak. Kebanyakan kayu kalimosodo tua dalam bentuk bahan tengah batangnya cenderung krowak atau bolong dikarenakan tengahnya yang berkarakter semakin lunak.


Dari namanya dalam bahasa jawa KALIMASADA ATAU KALIMOSODO mepunyai arti kalimah sahadad cocok dengan namanya jenis kayu ini untuk bertasbih,dzikir atau membaca aurad lelaku dapat meningkatkan energi spiritualis seseorang serta mempunyai kelebihan untuk menyimpan energi aurad yang dibaca.Khowas kayu kalimasada yang sejuk beraura ungu atau biru digunakan sebagai campuran atau peyeimbang energi campuran beberapa kayu bertuah seperti campuran setigi,dewadaru yang digabungkan dengan kalimasada.


Ciri keaslian kayu kalimosodo adalah, ringan tua muda kayunya akan terapung, berserat rapat ulet, motif hitam belang dan berkilau kalau diamplas halus teknik sangkling. 
KAYU KALIMOSODO ASLI BAGIAN KAYU  TERBAIK KEKERASAN DAN WARNA LEBIH GELAP ADALAH BAGIAN PINGGIR KAYU BUKAN DI TENGAH (HATI KAYU). 




Fadhilah kayu kalimasada dari pandangan surnatural metafisika ;

  • Meningkatkan energi spiritualis seseorang
  • Menyimpan energi wirid
  • Orang yang temperamental menggunakan kayu ini sebagai pendingin
  • Dipakaikan pada bayi sebagai pelindung (sambetan)
  • Mempunyai energi pengasih
  • Cocok untuk bisnisman maupun pejabat yang sering bersosialisai dengan masa untuk meningkatkan wibawa,kharisma
  • Cocok untuk dipakai wanita sebagai dinding dari guna-guna atau pelet





kalimasada dalam bentuk tasbih terlihat motifnya



Kelangkaan pohon ini memang sangat sulit ditemukan dan melegenda, dalam butiran tasbih mempunyai motif yang indah hitam dan terdapat belang-belang melingkar di dapat dari motif serat pada batang yang belang-belang lurus.Dan dari segi penyelidikan ilmiah khasiat mistik kayu jenis inipun telah ada yang menyelidikinya.






Sumber info :
  • Googling infometafisika.com  primbon.com dll,...
  • Pakar hikmah kedjawen jepara
  • Warga pulau karimun jawa
  • Kajian mengenal pohon di alam tumbuhnya